PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA MENGENAI DETEKSI DINI RISIKO KEHAMILAN REMAJA DI WILAYAH PUSKESMAS DADIREJO PURWOREJO

Triana, Eny (2022) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA MENGENAI DETEKSI DINI RISIKO KEHAMILAN REMAJA DI WILAYAH PUSKESMAS DADIREJO PURWOREJO. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf.pdf

Download (37kB)
[img] Text (Awal)
Awal.pdf.pdf

Download (443kB)
[img] Text (abstract)
Abstract.pdf.pdf

Download (292kB)
[img] Text (Chapter 1)
Chapter 1.pdf.pdf

Download (314kB)
[img] Text (Chapter 2)
Chapter 2.pdf.pdf

Download (448kB)
[img] Text (Chapter 3)
Chapter 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text (Chapter 4)
Chapter 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (Conclusion)
Conclusion.pdf.pdf

Download (152kB)
[img] Text (References)
References.pdf.pdf

Download (374kB)
[img] Text (Appendices)
Appendices.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://poltekkesjogja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Kasus kehamilan dan melahirkan pada usia remaja di Indonesia masih banyak dijumpai. Kasus kehamilan remaja di wilayah Puskesmas Dadirejo, Kabupaten Purworejo pada tahun 2019 sebanyak 10 kasus, naik menjadi 13 kasus pada tahun 2020. Salah satu faktor yang mempengaruhi masalah kehamilan remaja adalah tingkat pengetahuan remaja. Oleh karena itu, perlu penyuluhan kesehatan untuk remaja dengan pemilihan metode dan media yang tepat. Tujuan: Mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap peningkatan pengetahuan remaja mengenai deteksi dini risiko kehamilan remaja di wilayah Puskesmas Dadirejo Purworejo. Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental dengan desain penelitian pre-eksperimental design jenis one-group pre test – post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja di wilayah Puskesmas Dadirejo sebanyak 1.948 orang dengan rentan usia 10-18 tahun. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 orang dengan teknik stratified random sample. Analisis data menggunakan univariat dengan distribusi frekuensi meliputi kategori baik, cukup, kurang dan analisis bivariat menggunakan wilcoxon signed rank test. Hasil: Tingkat pengetahuan remaja sebelum diberikan pendidikan kesehatan melalui media video dalam kategori cukup sebanyak 39 orang (40,6%) dan setelah diberikan pendidikan kesehatan melalui media video dalam kategori baik sebanyak 66 orang (68,8%). Ada perbedaan tingkat pengetahuan remaja di wilayah Puskesmas Dadirejo Purworejo, sebelum dan setelah dilakukan pendidikan kesehatan melalui media video dengan nilai signifikan 0,000 (p<5%). Kesimpulan: Pendidikan kesehatan melalui media video dapat meningkatkan pengetahuan remaja mengenai deteksi dini risiko kehamilan remaja di wilayah Puskesmas Dadirejo Purworejo. Kata kunci: media video, pengetahuan, kehamilan remaja.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 27 Oct 2022 08:23
Last Modified: 27 Oct 2022 08:23
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/10586

Actions (login required)

View Item View Item