FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DISMENORE PRIMER PADA REMAJA PUTRI DI DESA TAMANSARI KECAMATAN BUTUH KABUPATEN PURWOREJO

SULISTIYOWAT, UPIK (2022) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DISMENORE PRIMER PADA REMAJA PUTRI DI DESA TAMANSARI KECAMATAN BUTUH KABUPATEN PURWOREJO. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text (Awal)
01 Awal.pdf

Download (190kB)
[img] Text (Abstract)
02 Abstract.pdf

Download (40kB)
[img] Text (Chapter1)
03 Chapter1.pdf

Download (145kB)
[img] Text (Chapter2)
04 Chapter2.pdf

Download (225kB)
[img] Text (Chapter3)
05 Chapter3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (Chapter4)
06 Chapter4.pdf

Download (151kB)
[img] Text (Conclusion)
07 Conclusion.pdf

Download (37kB)
[img] Text (References)
08 References.pdf

Download (167kB)
[img] Text (Appendices)
09 Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
Official URL: http://poltekkesyogya.ac.id

Abstract

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DISMENORE PRIMER PADA REMAJA PUTRI DI DESA TAMANSARI KECAMATAN BUTUH KABUPATEN PURWOREJO Upik Sulistiyowati*, Dyah Noviawati Setya Arum, Atik Ismiyati, Yamtana Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jl. Mangkuyudan MJ 3/304 Yogyakarta Email: upiksulistiyowati45@gmail.com ABSTRAK Latar Belakang : Fenomena dismenore primer ini banyak ditemui pada remaja putri di Desa Tamansari Kecamatan Butuh. Faktor yang dapat menyebabkan dismenore primer adalah menarche dini dengan usia <11 tahun, jarang atau tidak pernah olahraga, siklus dan lama haid lebih dari normal (7 hari) dan riwayat keluarga. Berdasarkan studi pendahuluan diketahui bahwa terdapat 42 remaja putri yang mengalami dismenore. Setiap bulan tidak kurang dari 20 remaja putri yang ke Praktik Mandiri Bidan (PMB) Upik Sulistiyowati dengan keluhan nyeri pada saat haid. Pada beberapa kasus nyeri haid disertai mual, muntah dan diare. Hal ini menyebabkan beberapa remaja putri tidak bisa berangkat sekolah. Tujuan Penelitian:Untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kejadian dismenore pada remaja putri di Desa Tamansari Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai dengan April 2022. Populasi meliputi seluruh remaja putri Desa Tamansari Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo umur 10 -19 tahun yang sudah mengalami menstruasi. Sampel berjumlah 53 orang. Analisis data menggunakan chi-square Hasil Penelitian:usia menarche memiliki hubungan yang signifikan dengan kejadian dismenore dengan nilai p-value 0,004. Lama menstruasi memiliki hubungan yang signifikan dengan kejadian dismenore dengan nilai p-value 0,037. Kebiasaan olahraga memiliki hubungan yang signifikan dengan kejadian dismenore dengan nilai p-value 0,001. Riwayat keluarga memiliki hubungan yang signifikan dengan kejadian dismenore dengan nilai p-value 0,001. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara usia menarche, lama menstruasi, kebiasaan olahraga dan riwayat keluarga dengan kejadian dismenore primer pada remaja putri di Desa Tamansari Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo. Kata Kunci : Dismenore, lama menstruasi, olahraga, riwayat keluarga, usia menarche.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 19 Sep 2022 02:56
Last Modified: 19 Sep 2022 02:56
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/10379

Actions (login required)

View Item View Item