FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU WANITA USIA SUBUR MELAKUKAN PEMERIKSAAN IVA (INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT) DI KALURAHAN AMBARKETAWANG KAPANEWON GAMPING

Faiyah, Isti (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU WANITA USIA SUBUR MELAKUKAN PEMERIKSAAN IVA (INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT) DI KALURAHAN AMBARKETAWANG KAPANEWON GAMPING. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. Cover dan Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Awal Baru.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (413kB)
[img] Text
4. CHAPTER 1.pdf

Download (718kB)
[img] Text
5. CHAPTER 2.pdf

Download (617kB)
[img] Text
6. CHAPTER 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text
7. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
8. CONCLUSION.pdf

Download (406kB)
[img] Text
9. REFERENCES_compressed.pdf

Download (31kB)
[img] Text
10. Appedinces BARU_compressed_compressed_compressed_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU WANITA USIA SUBUR MELAKUKAN PEMERIKSAAN IVA (INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT) DI KALURAHAN AMBARKETAWANG KAPANEWON GAMPING Isti Faiyah*, Suherni, S.Pd.,APP.,M.Kes, Yuliantisari R, SSiT.,M.Keb Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jl. Mangkuyudan Mj.III/304, Kota Yogyakarta Faiyahisti0@gmail.com ABSTRAK Latar belakang: World Health Organization (WHO) pada tahun 2018 menempatkan kanker serviks sebagai salah satu jenis kanker yang paling sering ditemui pada wanita. Kanker serviks merupakan penyebab kematian ke-4 pada wanita diseluruh dunia dengan perkiraan 570.000 kasus baru. Insiden kanker serviks dapat dicegah dengan melakukan deteksi dini, salah satunya dengan pemeriksaan IVA. Skrining dengan metode IVA dilakukan dengan cara sangat sederhana, murah, nyaman, praktis, dan mudah, akan tetapi masih juga cakupan IVA tes di Indonesia masih sangat rendah yaitu sekitar 5% dari target Kemenkes sebesar 85%. Tujuan: Mengetahui pengaruh paritas, pengetahuan, sikap, akses informasi, dukungan keluarga/suami, dukungan kader kesehatan, dan dukungan petugas kesehatan dengan perilaku pemeriksaan IVA, mengetahui faktor yang paling mempengaruhi perilaku pemeriksaan IVA. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Observasional Analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Subjek penelitian adalah wanita usia subur yang sudah menikah yaitu sebanyak 92 responden. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probality sampling dengan teknik sampling cluster random sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Teknik analisa data menggunakan chi-square dan regresi logistik. Hasil: Wanita usia subur menunjukkan perilaku kurang baik dalam melakukan pemeriksaan IVA yaitu 64 orang (69,6%). Hasil analisa bivariat diketahui faktor yang berhubungan perilaku pemeriksaan IVA pada wanita usia subur adalah sikap (p value 0,003) dan pengetahuan (p value 0,000). Sedangkan faktor yang tidak mempengaruhi perilaku pemeriksaan IVA pada wanita usia subur adalah akses informasi (p value 0,198), dukungan suami/keluarga (p value 0,267), dukungan kader kesehatan (p value 0,358) dan dukungan petugas kesehatan (p value 0,127). Hasil analisa multivariat dengan menggunakan uji regresi logistik diketahui faktor yang paling berpengaruh adalah Pengetahuan (OR 6,283). Kesimpulan: Faktor yang paling berpengaruh terhadap perilaku pemeriksaan IVA pada wanita usia subur adalah pengetahuan (p value 0.004). Kata kunci: Perilaku periksa IVA, pengetahuan, sikap.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:36
Last Modified: 06 Oct 2022 07:36
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/10356

Actions (login required)

View Item View Item