PENGARUH EDUKASI MEDIA TIKTOK TERHADAP PENGETAHUAN ANEMIA PADA REMAJA SMP

Farisa, Lutfiana (2022) PENGARUH EDUKASI MEDIA TIKTOK TERHADAP PENGETAHUAN ANEMIA PADA REMAJA SMP. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
1. Awal.pdf

Download (734kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (170kB)
[img] Text
3. Chapter 1.pdf

Download (177kB)
[img] Text
4. Chapter 2.pdf

Download (254kB)
[img] Text
5. Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
6. Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
7. Conclusion.pdf

Download (85kB)
[img] Text
8. Reference.pdf

Download (219kB)
[img] Text
9. Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)
Official URL: http://poltekkesjogja.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Remaja putri adalah kelompok rawan terhadap defisiensi gizi khususnya zat besi. Anemia pada remaja putri dapat menyebabkan menurunnya prestasi karena sulit konsenstrasi dan cepat lelah saat beraktifitas di sekolah. Edukasi media TikTok bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan tentang anemia sehingga remaja putri dapat memperkaya pengetahuan tentang anemia. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh edukasi gizi dengan media TikTok terhadap pengetahuan tentang anemia pada remaja di SMP. Metode penelitian : Penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimental (eksperimen semu) dengan desain penelitian pre test and post test with control group design. Sampel penelitian adalah siswi kelas VIII dan dilaksanakan di SMP N 1 Godean dan SMP N 2 Godean pada tahun 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi, sehingga terpilih siswa kelas VIII. Sampel minimal dalam penelitian ini yaitu 72 siswa. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney dan menggunakan metode Wilcoxon. Hasil : Nilai rata-rata untuk kelompok TikTok sebesar 73,22 dan setelah diberikan intervensi rata-rata meningkat menjadi 87,08. Sementara rata-rata untuk kelompok leaflet sebesar 71,47 dan setelah diberikan intervensi rata-rata meningkat menjadi 80,44. Kesimpulan : media TikTok lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan mengenai anemia dibandingkan media leaflet. Kata Kunci : Remaja SMP, Pengetahuan Anemia, TikTok

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan Gizi > Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:02
Last Modified: 19 Sep 2022 04:02
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/10353

Actions (login required)

View Item View Item