Efektifitas Intervensi Stiker Bebas Anemia Dalam Pencegahan Anemia Ibu Hamil Di Puskesmas Bubutan Kabupaten Purworejo Tahun 2022

Hardipratiwi, Peni (2022) Efektifitas Intervensi Stiker Bebas Anemia Dalam Pencegahan Anemia Ibu Hamil Di Puskesmas Bubutan Kabupaten Purworejo Tahun 2022. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

[img] Text
Awal.doc.pdf

Download (395kB)
[img] Text
Abstract.doc.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Chapter1.doc.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Chapter2.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Chapter3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
chapter4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
Conclusion.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Reference.pdf

Download (321kB)
[img] Text
Appendices.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam mencapai tujuan meningkatkan ilmu pengetahuan. Salah satu bagian terpenting untuk mencapai tujuan tersebut yaitu pemanfaatan media promosi Kesehatan. Stiker merupakan salah satu media promosi kesehatan yang ditempel serta dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan tingkat pengetahuan seseorang. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui efektifitas intervensi stiker bebas anemia terhadap pengetahuan ibu dalam pencegahan anemia ibu hamil di Puskesmas Bubutan, Kabupaten Purworejo. Metode Penelitian : metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi experiment pendekatan Pre Test – Post Test With Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini semua ibu hamil yang ada di Puskesmas Bubutan pada bulan April 2022. Metode yang digunakan adalah Purposive Random sampling dengan jumlah sampel 50 responden, 25 responden kelompok perlakuan dan 25 responden kelompok kontrol. Pada kelompok perlakuan ibu hamil diberi penyuluhan dan diberi stiker bebas anemia sedangkan kelompok kontrol diberi KIE pada waktu ANC. Uji statistik menggunakan Independent sample T-test. Alat ukur yang digunakan adalah questioner. Hasil Penelitian : Nilai rata-rata pengetahuan pada kelompok perlakuan sebelum diberikan penyuluhan adalah 69,00 sedangkan setelah diberikan penyuluhan menggunakan stiker bebas anemia menjadi 77,44. Hasil analisis pada kelompok kontrol rata-rata pengetahuan ibu hamil sebanyak 67,52 dan setelah diberi KIE naik menjadi 70,24. Hal ini menunjukkan bahwa intervensi stiker bebas anemia dapat meningkatkan pengetahuan ibu dalam pencegahan anemia pada ibu hamil di Puskesmas Bubutan (p-value=0.000). Kesimpulan : stiker bebas anemia efektif terhadap peningkatan tingkat pengetahuan ibu dalam pencegahan anemia pada ibu hamil di Puskesmas Bubutan. Kata kunci : pengetahuan, anemia.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Poltekkes Kemenkes Yogyakarta > Jurusan kebidanan > Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan
Depositing User: Mahasiswa Polkesyo
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:08
Last Modified: 26 Oct 2022 04:08
URI: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/10230

Actions (login required)

View Item View Item